Carra's World

If the Real World is not Enough Anymore…

Komitmen

Busuk!

Buat saya, orang atau pihak yang melanggar komitmen, itu BUSUK! Mereka biasanya terkesan hanya menyelamatkan diri sendiri tanpa mempedulikan orang lain. Kalau sejak awal merasa tak mampu berkomitmen, ya jangan berkomitmen dong… Atau setidaknya, berkompromi. Tapi komitmen itu seperti harga mati, terutama terhadap kredibilitas diri sendiri.

credit

Seperti kasus ini…

Perusahaan. Mereka menetapkan peraturan dan rules yang sangat ketat terhadap para karyawan. Bahkan bisa dibilang, punishment dan reward itu sama sekali TAK BERIMBANG. Telat sedikit, hanya beberapa menit, langsung ada pemotongan gaji. Sedangkan yang tak pernah telat, tak mendapat kompensasi apapun, even hanya sekedar penghargaan berupa kata-kata. Itu baru telat doang. Ijin yang tidak disertai hitam di atas putih, langsung menjadi bahan pembicaraan di level manajemen. Bahkan setiap kali ada appraisal untuk mengukur performa, mampu memenuhi target atau tidak. Kalo ndak, ya langsung cut!

Tapiiiii…

Ketika perusahaan telat membayarkan gaji… hingga 15 hari, kalau tidak karena kasak kusuk antara karyawan sendiri, sama sekali tidak ada penjelasan bahka sekedar pemberitahuan pun TIDAK ADA. Hingga ada yang menanyakan, mau sampai kapan kondisi ini akan berlangsung. Baru di hari ke 16 itu dijawab, optimis akhir bulan akan gajian…

WTF….???????????!!!!!!!!!

Dan itu yang memberi jawaban adalah HRD.. bukan pihak manajemen!!!! Pihak manajemen terlalu pengecut barangkali, sekedar hanya untuk menghadapi para karyawan… mereka bersembunyi di balik HRD.

Dan sampe dengan akhir bulan, TIDAK ADA penjelasan resmi dari pihak manajemen terkait masalah ini.

Ini cuma sekedar contoh, betapa pentingnya sebuah komitmen. Tuntutan tidak sebanding dengan pemberian hak.

Begitu juga untuk sebuah relationship. 2 orang kekasih, atau suami istri, yang menjalin hubungan juga harus sadar akan komitmen masing-masing. Jika kamu tak bisa memberi, ya jangan BERKOMITMEN! Begitu kamu bilang, “Ya bisa!” … maka ini adalah sebuah komitmen… Kalau kamu kemudian mengingkari, menunda ataupun harus mengubah komitmen ya… JELASKANLAH! dan lalu perbaiki komitmen! Jangan malah menambah buruk dengan menjanjikan yang lain lagi… Kalau sebuah kalimat “Ya nanti dipikir lagi,” itu bukan KOMITMEN! Kalimat “Ya aku usahakan,” itu juga sebuah kalimat perusak komitmen. Orang yang melemparkan kalimat ini, sebaiknya jangan dianggap komit.

Saya tidak menyalahkan orang-orang yang mengatakan kalimat-kalimat tersebut, tapi saya menghimbau untuk orang-orang yang dilontari kalimat begitu… JANGAN MENGANGGAP itu komitmen.. Karena kalimat begitu itu biasanya ya BULLSHIT! Ga ada jaminan, akan dipenuhi.

Look… jika 1 komitmen sudah kamu langgar, bagaimana kamu bisa diharapkan untuk komitmen yang lain?

Saya selalu maklum, jika ada orang yang menyebut dirinya takut berkomitmen. Kenapa? Komitmen itu adalah hal yang sangat serius. Biasanya orang-orang yang begini malah tau tentang dirinya sendiri, kenapa dia tak bisa berkomitmen. Dan saya, jujur, LEBIH MENGHARGAI orang-orang seperti ini.. kenapa??? karena kemudian saya tau bahwa saya tidak atau belum bisa mempercayai orang-orang begini… dan itu malah lebih nyaman buat saya.

Hargailah komitmen.. hargailah orang yang bisa berkomitmen… dan hargailah orang yang menyadari bahwa ia takut berkomitmen…

TAPI ORANG ATAU PIHAK YANG MELANGGAR KOMITMEN… ITU BUSUK!!

Filed under: Carra's Life

3 Responses

  1. Ini Mom Carra yang nulis, ya? Atuuuttt ….

  2. sheovie says:

    ini berasa lagi marah trus kata-kata nya bisa ngalir gitu aja…tapi tidak meninggalkan pesan yg akan disampein.

    Pesan nya dapet…dan akan saya ikuti. trus…kliatan bgt nih mom lagi marah dan jengkeL.. hehe..permisi saya mlipir dulu… *wedi*

Leave a blah blah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Travellers

  • 99,194 drops

Storage

SEO Services & ToolsSubmit Express

Self-Portrait of @RedCarra

Blogger. Designer. Web-Marketer. Marketing and Visual Communicator. Social Media Junker.
Female. A wife. A mother of 2. Curvy. Short. Jeans or legging. T-Shirt or Batik. Backpack. Wild mind. Easy to get panic. Cynic. Rebellious. Logic. Realistic. Moody. Details. Impatient. Clumsy. Straight forward. Procrastinator. Black and Dark Maroon. Graphic Design. Webs and Blogs. Photography. Architecture. Interior. Crafts. Coffee. Guava Juice. Chocolate. Music. Internet. Book.

Me? Get hurt? Just do that to me one more time.

Tuiiiiittt!!!!

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,585 other followers

RSS Carra Design

  • Weekly Photo Challenge: Renewal
    This week WP Photo Challenge theme is Renewal … This word conjures a variety of images, from bright blossoms to meditating monks. When I think of “renewal,” I think of […]

RSS Carra Media

  • Jangan Asal Cropping
    Cropping refers to the removal of the outer parts of an image to improve framing, accentuate subject matter or change aspect ratio. Depending on the application, this may be performed on a physical photograph, artwork or film footage, or achieved digitally using image editing software. The term is common to the film, broadcasting, photographic, graphic desig […]
%d bloggers like this: