Carra's World

If the Real World is not Enough Anymore…

Update Page FB Ga Muncul di News Feed?

Mungkin ga banyak yang merhatiin… bahwa Facebook “menyembunyikan” banyak posting dari Facebook FanPage yang udah kamu like…

Lhoh? Kok disembunyikan?

Temen-temen banyak yang nanyain hal ini ke saya beberapa hari terakhir ini… Kenapa kok tiba-tiba aja banyak posting yang ga masuk ke newsfeed padahal mereka butuh banget info-info dari FanPage tersebut…Saya pernah sih nulis tentang ini di Facebook Notes saya… but in english. Saya akan coba sedikit jabarkan di sini…

Ini ada kaitannya dengan feature barunya yaitu Facebook Promoted Posts.

Apa itu Facebook Promoted Posts?

Feature ini merupakan salah satu langkah Facebook untuk “cari uang” … hah??? Well yeah.. walopun kita usernya bisa make Facebook ini secara gratis, dan bahkan beberapa bisa menggunakan Facebook ini untuk keperluan bisnis, juga dengan GRATIS *termasuk saya*:mrgreen: … maka Facebook mau ga mau musti cari jalan yang lebih pintar untuk bisa memasukkan uang ke brankas mereka… Sudah ada beberapa jalan masuk uang yang sudah mereka operasikan, semacam Facebook Ads dan juga Facebook IPO tempo hari, yaitu penjualan saham Facebook untuk umum… istilahnya mereka “going” terbuka dalam kepemilikan saham.

Yahhh… bagaimanapun juga mereka kan tetap butuh uang buat menggaji karyawannya yang uda menembus angka 2000 orang kan?

Nah… yang terbaru yaaa ini Facebook Promoted Posts…

Facebook FanPage

 Klik gambar untuk memperbesar

 Untuk bisa mencapai audiens yang lebih luas, para pemilik Facebook FanPage itu “diharuskan” membayar … Jika menurut hitungan pada feature baru ini, jika kita ingin mencapai audiens standard, kita harus merogoh kocek lumayan dalam, yaitu kira-kira $800 per post. Nah, hitung saja berapa duit yang harus kita keluarkan kalo kita posting 2 – 3 kali sehari… berarti antara $1600 hingga $2400 per hari! Lagipula yang bisa mempromosikan posting dengan memakai feature baru ini adalah FanPage dengan jumlah fans di atas 400 orang… Sudah terbayang kan, bagaimana nasib FanPage-FanPage kecil… Kalo sebangsa FanPage-fanpage ternama macam Coca Cola, Ford, Louis Vuitton gitu sih ga masalah kali ya  musti bayar segitu…

Kalo untuk akun perorangan, yang bisa promote posts adalah mereka yang punya teman / subscriber di bawah 5000 orang…

Tapi kalo kaya saya yang banyak suka FanPage-FanPage untuk fotografi, grafis, trus charity, yang kebanyakan dikelola oleh perseorangan… ya uda pastilah saya akan banyak kehilangan info dari Page-page yang udah saya Like tersebut…

Itu saya sebage orang yang menerima info dari Page… lain lagi ama saya yang juga punya FanPage buat jualan… lhaaaa ya masak musti bayar sampe $2400 buat sebuah posting aja, supaya bisa reach audiens yang luas… menurut saya… that’s NONSENSE!

Jadi aturan mainnya begini… ini sih praktisnya aja ya…

Aturan ini sih berlaku mulai tgl 20 September kemaren sih ya… bahwa hanya 25% posting dari FanPage yang akan muncul di News Feed kamu. Even kamu udah nge Like page-nya, ini ga akan jamin kalo postingnya akan muncul di News Feed kamu. Ini diperparah, kalo kamu ga pernah engage sama posting-posting dari FanPage tersebut, misalnya kamu cuma suka ngliatin ato baca aja, tanpa nge Like, sharing ato komen di postingannya… bisa dipastikan kalo statistik performance FanPage tersebut ga bagus, dan akhirnya berimbas pada semakin jarangnya postingan mereka nongol di News Feed kamu… Ini adalah prinsip EdgeRank, yang selama ini dipake oleh Facebook…

Nah loh… apa pula EdgeRank itu?

EdgeRank is the Facebook algorithm that decides which stories appear in each user’s newsfeed. The algorithm hides boring stories, so if your story doesn’t score well, no one will see it.

Yaaaa… semacam PageRank khusus buat Facebook gitu deh… Langsung liat aja ke TKP tuh buat lebih jelasnya… Kalo saya jelasin skalian di sini bisa jadi berhari-hari inih😆

Makanya usahakan untuk selalu nge Like, sharing dan komen di setiap posting FanPage yang udah kamu Like… even cuma komen sesimpel “Keren…” atau “Sharing…” gitu doang aja udah akan sangat banyak membantu FanPage tersebut untuk tetap survive.

Selain itu ada jalan lain juga sih untuk tetap ter update dengan posting si FanPage…

Masuk aja ke halaman si FanPage… trus lihat di sebelah bawah gambar sampul atau cover image nya… di situ ada simbol semacam gir sepeda gitu kan? Nahhh… itu diklik aja terus pilih “Add to Interest List…” … selesai…

Facebookk FanPage

 Klik pada gambar untuk memperbesar

Pasti kamu akan liat semua postingan si FanPage akan tetap berada di NewsFeed kamu…

So… mulai sekarang… Pastikan aja kamu selalu klik “Add to Interest List…” pada setiap Facebook FanPage yang barusan kamu Like… karena kalo ga yaaa.. percumah gituh😀

Dan jangan lupa…. Like Facebook Page saya yaaaa… Kamaratih ama Carra Media … dan jangan lupa untuk “Add to Interest List…” yah… jiyakakakakk!!! Teteup promosiii😆 …. Biarin ahh… kan saya udah kasih satu info lumayan berharga toh… wkwkwkwkwk…

Btw… kamu ternyata juga bisa ngecek EdgeRank ini loh… coba di sini

Semoga tulisan ini bermanfaat ya J Cheers!

Sumber Pendukung Tulisan: sini sono

Filed under: Internet Marketing,

16 Responses

  1. Lusi says:

    Waaah gawaaat. Pekerjaan yg sia2 nih kalau gak pada ngeh.

  2. Arilex Shop says:

    wah., info menarik., dan pastinya bermanfaat bagi admin fans page🙂
    terima kasih sudah share.

    salam kenal.

  3. myisti says:

    makasih mba, infonya bermanfaat banget..

  4. makasih informasinya makkk🙂 jempol banget, baru ngeh engga pernah dapet info di newsfeed kayak dulu lagi karena ini toh hehehe

  5. Pakde Cholik says:

    Suer baru tahu lho
    Bagi saya sih takm apa-apa ada ini itu asal tak ada yang menyalahgunakan
    terima kasih infonya

  6. Ooo, begitu ya…, saya malah baru “ngeh”, makasih banyak ya Mbak infonya yang asyik ini…

  7. Catcilku says:

    Hehe.. saya gaptek banget sam facebook. Makasih dah sharing.

    Mohon dukungannya: http://bit.ly/U3ccti

  8. Yan shu says:

    Saya pernah bikin fan page Gtu tp Gak sampai sejauh itu keburu jenuh Dg FB.
    Hehhe..
    Salam kenal.

  9. Albania says:

    gan, ko FP saya ga muncul di mesin pencarian yah ? itu kenapa gan ? apa karena saya sering share “link” FP saya di FP yang satunya lagi yah ? mohon bantuannya ya gan. makasi infonyab

  10. femi says:

    Hoalaaaah pantesan fanpage yang aku buat ga pernah muncul di beranda, kalo gitu ga bisa iklan ke orang-orang dong ya ka? Huuuu😔😔😔
    Makasih ya ka infonya, berarti mending jualan bikin akun facebook lagi aja ya ka

Leave a blah blah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Travellers

  • 99,164 drops

Storage

SEO Services & ToolsSubmit Express

Self-Portrait of @RedCarra

Blogger. Designer. Web-Marketer. Marketing and Visual Communicator. Social Media Junker.
Female. A wife. A mother of 2. Curvy. Short. Jeans or legging. T-Shirt or Batik. Backpack. Wild mind. Easy to get panic. Cynic. Rebellious. Logic. Realistic. Moody. Details. Impatient. Clumsy. Straight forward. Procrastinator. Black and Dark Maroon. Graphic Design. Webs and Blogs. Photography. Architecture. Interior. Crafts. Coffee. Guava Juice. Chocolate. Music. Internet. Book.

Me? Get hurt? Just do that to me one more time.

Tuiiiiittt!!!!

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,585 other followers

RSS Carra Design

  • Weekly Photo Challenge: Renewal
    This week WP Photo Challenge theme is Renewal … This word conjures a variety of images, from bright blossoms to meditating monks. When I think of “renewal,” I think of […]

RSS Carra Media

  • Jangan Asal Cropping
    Cropping refers to the removal of the outer parts of an image to improve framing, accentuate subject matter or change aspect ratio. Depending on the application, this may be performed on a physical photograph, artwork or film footage, or achieved digitally using image editing software. The term is common to the film, broadcasting, photographic, graphic desig […]
%d bloggers like this: