Carra's World

If the Real World is not Enough Anymore…

S.Kom

Komunikasi adalah “suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain”.[1]. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.[rujukan?] Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.[rujukan?] Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.[2]

… Yang diatas itu langsung saya ambil dengan semena-mena dari wikipedia.

Saya sebenernya cuma pengen tau, apa sih komunikasi itu… yang sering dijadikan kambing hitam ketika ada salah pengertian atau pemahaman antara 2 manusia… sering disebutkan, bahwa kita kurang komunikasi… atau susah berkomunikasi… atau ada bahasa slang nya yang sering dipake, ga konek…

Kenapa ga konek? … di atas sudah disebutkan, bahwa “komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak…”… saya menggarisbawahi kata “dimengerti” dan “kedua belah pihak”… jadi kesimpulannya, kalo ga dimengerti oleh kedua belah pihak ya komunikasi ga akan terjadi.. minimal tidak akan terjadi dengan baik. Betul ga kesimpulan saya?

Jadi saya juga lantas menyimpulkan… kalo mau berkomunikasi, setidaknya ada 3 komponen yang ready… yaitu si pemberi informasi, media informasi atau jalannya informasi, dan si penerima informasi. Bener ndak? Kalo kekurangan satu aja… yaa sepertinya itu bukan komunikasi… coba aja pikir… kalo kita nelpon, kan juga begitu toh… ada penelepon, ada medianya yaitu telepon, dan yang ditelepon… kalo kita bicara langsung juga ada… ada pembicaranya, ada ruang udaranya, dan ada yang diajak bicara…

Nah… ketiganya kan musti online semua kan? kalo salah satu mati… ya mati itu komunikasinya… Yang ada ya S.Kom … bukannya Sarjana Komunikasi.. tapi Sulit Komunikasi… itu menurut saya juga bisa jadi titel buat seseorang yang bebel…

Jadi untuk berkomunikasi, pastikan :

  • ada lawannya… kalo si lawan itu ga keliatan, atau ga kedengeran, ya cari dulu… pastikan dia “melihat” dan/atau “mendengar” meskipun virtual kalo ini kita sedang membicarakan teknologi…
  • ada medianya… kalo mo ngomong langsung, ya pastikan ada udara di sekitarmu😛 …
  • kamu siap menjadi BOTH pemberi dan penerima informasi… kalo kamu cuma siap menjadi pemberi informasi, tanpa mau menjadi penerima informasi, ya siap-siap aja terjadi monolog.. dan kalo cuma siap menjadi penerima informasi, ya berarti ini adalah siaran berita doang, bukan sebuah dialog…

Jadi apa inti dari postingan ini?

Bahwa saya sebenernya jengkel kalo komunikasi ini dijadikan kambing hitam… dan juga jengkel ketika saya dibilang ndak komunikatif… pada dasarnya saya ini gampang diajak ngobrol gitu… entah saya yang bebal atau lawan yang lola… kalo menuntut komunikasi terjalin dengan baik itu mustinya introspeksi diri dulu sebelum menuduh orang lain ndak komunikatif, gitu… jangan-jangan situnya yang lola, atau ndak pernah kasih respon dengan nyaman, bisanya nyolot mulu, atau cuma mikirin diri sendiri tanpa mau peka sama permasalahan yang sebenernya ada, atau suka lospokus… atau medianya yang bolot… sinyal putus-putus atau koneksi dodol… atau mungkin lagi berada di ruang hampa udara kali… jangan asal ngatain saya ndak pernah mau komunikasi… klo lawannya ndak main, ya saya ndak mau monolog lah… itu buang-buang energi… mendingan kan saya diem aja… dan bereaksi kalo ada aksi ke saya… energi ga keluar sia-sia… saya ndak emosi…

gitu aja kan…?

Ah… tapi kali saya nya yang lemot …

Filed under: Carra's Life

7 Responses

  1. Petz says:

    saya S.Kom.. Sarjana Komputer:mrgreen:

  2. warm says:

    s.kom itu sarjana komputer mbak😐

    menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Sarjana
    S.iKom itulah sarjana komunikasi,
    kalo saya mah.., ah sudahlah ini knp ngebahas gelar toh😐

  3. warm says:

    kenapa komen saya masuk moderasi pula😐

Leave a blah blah!

Travellers

  • 99,164 drops

Storage

SEO Services & ToolsSubmit Express

Self-Portrait of @RedCarra

Blogger. Designer. Web-Marketer. Marketing and Visual Communicator. Social Media Junker.
Female. A wife. A mother of 2. Curvy. Short. Jeans or legging. T-Shirt or Batik. Backpack. Wild mind. Easy to get panic. Cynic. Rebellious. Logic. Realistic. Moody. Details. Impatient. Clumsy. Straight forward. Procrastinator. Black and Dark Maroon. Graphic Design. Webs and Blogs. Photography. Architecture. Interior. Crafts. Coffee. Guava Juice. Chocolate. Music. Internet. Book.

Me? Get hurt? Just do that to me one more time.

Tuiiiiittt!!!!

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,585 other followers

RSS Carra Design

  • Weekly Photo Challenge: Renewal
    This week WP Photo Challenge theme is Renewal … This word conjures a variety of images, from bright blossoms to meditating monks. When I think of “renewal,” I think of […]

RSS Carra Media

  • Jangan Asal Cropping
    Cropping refers to the removal of the outer parts of an image to improve framing, accentuate subject matter or change aspect ratio. Depending on the application, this may be performed on a physical photograph, artwork or film footage, or achieved digitally using image editing software. The term is common to the film, broadcasting, photographic, graphic desig […]
