Carra's World

If the Real World is not Enough Anymore…

Me and My Work (Again)

Ah… Blaaaahhh!! Saya lagi mentok… stuck… so much to do in so little time and even don’t know where to start… Kenapa lagi lo, Ra…? Ahhh… tidaaakk… saya cuma lagi pengen uring-uringan ga jelas… Menjadi tulang punggung perusahaan itu bisa dibilang sperti pisau bermata dua… satu sisi saya merasa bahwa posisi saya semakin strategis… tapi kalo lagi masa-masa awal begini rasanya BLAHHH!! $^&^I&Yghuy5&%^& semuanya campur aduk jadi satu… dan even don’t know where to start…

Sebenernya begini ceritanya…

Jadi sekitar bulan Maret lalu, terciptalah sebuah divisi baru di kantor saya… namanya Divisi E-Marketing & Communication.. kerjaannya? Ngurusin website-website perusahaan, mainan social media (facebook, twitter, G+ etc), dan buka lapak di Trading Directory… ga hanya itu, karena dijadikan satu sama yang namanya Marketing Communication, jadi desain grafis yang berhubungan dengan corporate identity dan media promosi tetap menjadi tanggung jawab kita… Jadi kalo bole disingkat, inilah merger antara divisi E-Store yang sudah ada sebelumnya… dengan Marketing Communication yang sebelumnya saya pegang sendirian… karena si bapak Kepala Divisi E-Store telah meminang saya, bahkan dibela-belain menyambangi saya di rumah (padahal saya masih dalam rangka cuti hamil) untuk mau bergabung dengannya membangun mimpinya perusahaan untuk Go-Online…

Terus terang saya excited sekali… akhirnya, perusahaan katrok di mana saya sudah bekerja selama 6 tahun ini melek teknologi juga… dari yang tadinya marketingnya sangat konvensional dan hanya mengandalkan pameran-pameran yang memakan biaya banyak dengan target penjualan yang kadang non sense… akhirnya mau juga melirik sistem pemasaran online… walaupun dalam hati saya juga bertanya, Kemana aja loe…? tapi tak pelak saya tetap senang… Internet udah ada sejak pertengahan 90-an (kalo ga salah, karena saya mulai kenal di tahun 1996 dan mulai sangat aktif sejak tahun 1998) … dan kantor ini baru mulai benar-benar menggunakan internet (ga cuma sekedar buat korespondensi sama buyer masalah klaim dan order) di tahun 2011 …

Perusahaan mulai melek, tapi belum tentu dengan para karyawannya, yang notabene sudah ter-mindset kerja itu ya kerja nguli… kerja dengan tenaga… tanpa strategi… pokoke paitan otot, kalo orang Jawa bilang… kerja itu ya mondar mandir ke sana kemari, urus ini itu… telpon sana telpon sini… ke workshop, ngamplas… finishing kayu dll… mereka akan memandang sebelah mata, orang-orang yang bekerja di belakang meja di depan kompi… yang dilihat hanyalah sekedar deretan angka dan huruf-huruf… tanpa tahu bahwa orang-orang yang sedang di depan kompi itu sedang melanglang buana bahkan sampe ke London dan Wisconsin, bahkan sampe ke Nova Scotia dan The Great Green Land buat liat-liat trend pasar di sana…

Dan untuk memulai sebuah konsep baru pemasaran begini, amat sangat tidak mudah… harap dicatat sekali lagi, bahwa kantor ini baru saja mengenal apa itu Internet Marketing pada tanggal 2 November 2011 kemaren… Kok tanggal 2 November? iya, karena pada tanggal itulah saya ngadain Sosialisasi Internet Marketing dan Konsepnya…

Nah… setelah sekarang saya sudah memperkenalkan apa itu Internet Marketing dan ada beberapa tawaran dari saya untuk bentuk yang paling pas untuk diterapkan untuk Djawa Group, saya malah jadi stuck… Lho? karena begitu banyaknya yang harus saya kerjakan… belom lagi bahwa saya menangkap, tetap ada beberapa orang yang tidak atau ogah-ogahan dilibatkan dalam Internet Marketing ini… bahkan salah seorang Kepala Unit Bisnis tetap saja tidak tahu apa pentingnya punya akun facebook buat perusahaan… mungkin dikiranya facebook cuma tempat buat berbagai status galau (-_-)”

Ahhhhh… pe er saya banyak skali memang… mulai dari membangun suatu networking pemasaran via website, trade directory dan word-of-mouth kind of marketing yaitu Social Media Marketing… plus harus mengedukasi orang-orang ini, apa pentingnya punya Brand Identity dan apa pengaruhnya buat popularitas perusahaan yang kemudian berkaitan ke Image Perusahaan… apa saja yang bisa dilakukan di website buat menggaet customer, bukan cuma sekedar punya website, yang udah slese upload portfolio kemudian dianggurkan biar diliat orang… bagaimana membuat website itu tetap aktif dan men-driver internet user ke dalamnya, dan kemudian menjadi potential customer… dan apa arti pentingnya facebook, twitter, G+ dll itu buat pemasaran… dan bahwa facebook itu bukanlah CUMA sekedar share status galau dan jual beli barang real tapi lebih ke peran Public Relation…

Kenapa sih semua itu perlu? Ya saya balikin lagi ke orang-orang ini… Lha mau dapat customer ndak? Mau dilihat secara amatiran apa profesional? Mau dianggap expert ndak…?

Mungkin saya perlu juga mencatat di blog ini apa aja yg sudah saya lakukan dan rencana-rencana saya ke depan… just to keep myself on track… dan juga dalam rangka berbagi ilmu, siapa tau ada masukan buat saya juga dari temen-temen yang baca catatan saya ini…

Ahhhh… pokoknya pe er saya banyakkkkkk…

Filed under: Designer's Life, , , ,

5 Responses

  1. Keren!..selamat ya kantornya udah buka divisi digital marketing pasti banyak hal yang menarik, kalau ada social media manager boleh ya🙂.

    Salam kenal

  2. Asop says:

    Well, setidaknya bagi yang sudah punya blog dan lama malang melintang di dunia per-blog-an unggul beberapa langkah dalam hal internet marketing ketimbang orang yang gak punya blog.🙂

  3. PetzLuvNeiz says:

    ditunggu postingan2 ilmu internet and soc-med marketing nya mbah Carra:mrgreen:

  4. TamaGO says:

    wah kerjaannya main socmed, asik kayanya😀

Leave a blah blah!

Travellers

  • 99,109 drops

Storage

SEO Services & ToolsSubmit Express

Self-Portrait of @RedCarra

Blogger. Designer. Web-Marketer. Marketing and Visual Communicator. Social Media Junker.
Female. A wife. A mother of 2. Curvy. Short. Jeans or legging. T-Shirt or Batik. Backpack. Wild mind. Easy to get panic. Cynic. Rebellious. Logic. Realistic. Moody. Details. Impatient. Clumsy. Straight forward. Procrastinator. Black and Dark Maroon. Graphic Design. Webs and Blogs. Photography. Architecture. Interior. Crafts. Coffee. Guava Juice. Chocolate. Music. Internet. Book.

Me? Get hurt? Just do that to me one more time.

Tuiiiiittt!!!!

  • keyword plannernya kok kebanyakan mabok sekarang 1 hour ago
  • Chatting itu bisa menimbulkan 2 efek yg sangat berbeda memang ya; bikin seger, atau malah makin bikin bludrek. 1 hour ago
  • Pengin membelah diri. 6 hours ago
  • Hey, semua! Saya mencari artikel seputar dunia perempuan, misalnya seperti kecantikan, kesehatan wanita, mompreneurship, parenting, ... 13 hours ago
  • Yang lagi promil, coba kenali lagi masa suburnya. fb.me/4YBpi5INn 15 hours ago

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,585 other followers

RSS Carra Design

  • Weekly Photo Challenge: Renewal
    This week WP Photo Challenge theme is Renewal … This word conjures a variety of images, from bright blossoms to meditating monks. When I think of “renewal,” I think of […]

RSS Carra Media

  • Jangan Asal Cropping
    Cropping refers to the removal of the outer parts of an image to improve framing, accentuate subject matter or change aspect ratio. Depending on the application, this may be performed on a physical photograph, artwork or film footage, or achieved digitally using image editing software. The term is common to the film, broadcasting, photographic, graphic desig […]
