Carra's World

If the Real World is not Enough Anymore…

Namanya Juga Usaha…

Memulai sebuah usaha itu butuh kenekadan… karena yang namanya usaha itu selalu saja ada resiko… if semua orang mengucapkan selamat padaku, ketika aku berhasil memulai usaha, di saat yang lain adalah ucapan untuk berhati-hati dalam melangkah…

dari dulu aku sadar ini… pasti ada nanti saat-saat dimana perhitungan-perhitungan meleset… saat-saat dimana ternyata aku dijatuhkan oleh pihak-pihak tertentu, baik disengaja atau tidak… saat-saat dimana sudah jatuh tertimpa tangga… saat-saat yang menimbulkan kerugian secara material ato immaterial… baik yg gede atopun yang kecil…

dan ternyata… memang benar… ada beberapa kali aku mengalami saat-saat down ini… mungkin kalau dulu, aku akan menghentikan usahaku karena peristiwa-peristiwa ini… tapi untunglah… aku lebih ngerti arti sebuah resiko sekarang… dan memang sudah memperkirakannya.. jadi udah ga kaget dan kemudian bisa bangkit lagi… melanjutkan lagi semuanya dan yang udah-udah ini aku jadikan catatan dan motivasi..

Pernah tergiur tawaran untuk jadi agen pulsa tronik membuatku jadi percaya dengan spam-spam itu… ternyata modus operandinya juga lumayan menjebak… jadi pertama kita akan disuruh untuk menjadi member MTR*NIK dengan mengirimkan data-data yang diperlukan… dalam menu2nya bahkan ada disclaimer bahwa si distributor merupakan agen resmi dari Kemenperindag… dan bahwa ini bukan penipuan… dan bahwa alamat si distributor bukan fiktif dan lain-lain… nomor-nomor telepon yang bisa dihubungi via sms maupun via call pun juga nomor-nomor cantik… akhirnya setelah membership di verifikasi, aku pun kemudian mengirimkan deposit via transfer ATM… deposit pertama adalah 100ribu… ok, kupikir mungkin kalopun ilang, belom terlalu banyak… tapi… senengnya aku, ketika it worked out!! aku bisa coba-coba jual pulsa… tapi ketika saldo tinggal 50rb dan ada yg minta dikirim pulsa lagi, ternyata udah ga bisa, karena minimal deposit adalah Rp 50.000 … jadi untuk kembali mengaktifkan, aku harus deposit lagi dan kali ini minimal deposit adalah Rp 500.000 … karena sudah yakin, bahwa semuanya bukan tipu-tipu, maka aku pun transfer lagi… dan voila! saldoku pun jadi 550ribu n masih ada bonus lagi Rp 50ribu… jadi total saldoku adalah Rp 600ribu…

Tapi…

sore harinya, aku dapat sms… bahwa aku disuruh menghubungi ke Manager Distributor karena ada kesalahan penambahan saldo… maka jadilah aku menghubungi si bapak manager… ternyata bukannya kesalahan akumulasi saldo, tapi aku harus mengaktifkan sistem pengisian pulsa secara otomatis… dan herannya, si bapak jelasinnya cepet banget step2nya… seperti sengaja bikin aku bingung… sampe di sini, kecurigaanku muncul lagi… apalagi, aku disuruh ke ATM karena pengaktifan harus dilakukan via ATM .. and i was like, huh? whats that got to do with ATM…? setauku di menu ATM GA PERNAH ada menu pengaktifan agen MTR*NIK … jadi dengan segala alasan, aku minta si bapak untuk mengirimkan sms ato email kepadaku untuk menjelaskan step-step pengaktifan ketimbang aku dipandu langsung via telepon… biar aku sendiri aja ke ATM dan aktifin itu sistem (kalo memang musti lewat ATM) … tapi si bapak ngeles sana ngeles sini… malah ada tambahan, bahwa nanti setibanya aku di ATM, jangan sampe ada orang yang tau bahwa aku sedang ngaktifin sistem pengisian pulsa otomatis itu… karena saldoku bisa saja diambil… ????? WTF!!! … sama sekali ga beres!!! jadi aku langsung saja bilang sama dia, “Ya sudah pak, sepertinya bapak penipu… jadi silakan ambil uangnya… semoga bermanfaat dan inget-inget saya kalo lagi pake itu uang… Makasih!” … and i hang the phone up!

Ada lagi ketika, supplier batikku di pasar tanpa pemberitahuan, sudah menyewakan kiosnya pada pedagang laen… padahal aku masih ada deposit beberapa ratus ribu di sana… sebenernya ini bukan murni kesalahan si pemilik kios… tapi si PENJAGA kios nya yang ga beres…

Jadi begini, selama ini aku berhubungan dengan si pegawai… ambil batik… lalu kalo ada yg cacat atau udah ga update, aku bisa kembalikan beberapa dengan perjanjian… si ibu pemilik kios adalah teman dekat omanya Anggit, jadi berbekal hubungan baiklah aku membangun hubungan bisnis dengannya… tapi untuk operasional harian, aku memang lebih banyak berinteraksi dengan si pegawai… 2 tahun berjalan tanpa hambatan yang berarti…

Tapi akhirnya pagi itu, aku ke pasar dengan membawa satu tas yang berisi baju-baju batik yang ingin aku tukarkan dengan yang baru… kagetnya aku ketika aku sampe di kiosnya, orang-orang yang disitu ga ada satupun yang kukenal… semuanya udah ganti! … and so i was lost!!! aku cuma celingukan… berusaha mengenali nomor kiosnya… berusaha mengenali nomor los nya… semuanya cocok… aku juga hapal betul dengan bentuk kiosnya… tapi kenapa orangnya lain…

akhirnya aku menelepon si ibu pemilik kios, dan ternyata kiosnya sudah disewakan pada orang lain… karena si pegawai ternyata membawa kabur modal si ibu… OMG! … aku ga pernah ngebayangin sebelumnya akan jadi begini… aku sih emang ada deposit beberapa ratus ribu di kios itu… tapi si ibu? modalnya ga balik, dagangan habis tapi ga ada uang masuk… akhirnya kios disewakan ke orang lain. aku ga bisa berkata apa-apa lagi… kukira kami sama-sama korban… aku juga ga akan pernah tega buat menuntut si ibu… karena mungkin selain aku, banyak pihak-pihak lain yang dirugikan…

Ada lagi, beberapa kejadian-kejadian kecil sehari-hari… *mungkin kamu pun pernah ngalamin… atau pernah ngelakuin?😉:mrgreen: * … seperti kejadian kemaren siang… tiba-tiba omanya Anggit telpon, dan bilang bahwa deposit box di warung kami sudah dikuras habis… sampe sereceh-recehnya… si maling juga dapet bonus rokok DJ* S*M S** 1 bungkus… heh… a smoking thief!!! si Oma juga sempat memergoki… tapi sudah terlambat… kutanya, apa kira-kira kalo ketemu lagi si maling, beliau akan ingat? … dan ternyata BELIAU AKAN INGAT! dan ternyata si maling ini udah beberapa lama mondar-mandir di depan rumah, menurut laporan tetangga depan rumah…

atau kejadian ini… sudah pada ngerti kalo aku juga jualan cemilan di kantor… sebangsa kripik ketela, kripik talas, kripik bayam, roti bakar dll … semua aku paketin dan jual dengan harga 1000an… tapi kadang ketika aku cek itu kotak, kadang ada aja yang ganjil… kayak cuma ada uang 5300 atau 8700 … well, kalo semua barang aku jual 1000an ga mungkin kan ada receh 300 rupiah atau 800 rupiah… Siapapun *atau apapun* yang ngambil, pasti juga ga jauh beda istilahnya dengan yang menguras deposit box di rumah, yang kuceritakan sebelumnya kan…:mrgreen: … mungkin kamu bertanya, Ah, Carra, paling kan cuma rugi 300 rupiah ini… atau 500 rupiah ini… well, kalo dalam 1 kotak makanan ada 20 pack makanan kecil, umpamanya, dan untung yang diambil cuma Rp 5000 UNTUK SELURUH ISI KOTAK YG 20 PACK itu… bisa dikomparasikan kan, ruginya berapa persen?🙂 .. emang kalo belom pernah melakukan, akan sulit ngebayangin…

tapi… it wont stop me… Kalo di postingan sebelumnya, Carra neriakin orang “Ngeyel!” … smoga Carra akan selalu tetap ngeyel dalam usaha ini…🙂

Wish me Luck!

Filed under: Carra's Life, , ,

6 Responses

  1. Ceritaeka says:

    Kebayang koq ruginya gimana mbak🙂
    Aku dulu kan pernah dagang juga pas mahasiswa dan sepakat dengan diri sendiri aku gak cocok dagang hehehe

    Anw keep the spirit up mbak!🙂
    Soal agen pulas aitu, aku udh blas gak percaya lagi😛

  2. puk puk puk……
    sebelom jadi bos biasanya emang cobaannya banyak banget kan poo, that way you’ll become stronger than before, sound cliche but the survivor had it all at the end😀
    ‘pecutlagibiarsemangat’

  3. keggagalan adalah awal keberhasilan,,,,,SEMANGAt

  4. TamaGO says:

    tetep semangat ya, belajar dari pengalaman dan nggak mengalami hal yg sama😀

  5. last update :

    due to bankruptcy, mohon maaf gerai cemilan libur hingga batas waktu yg belom ditentukan…
    :mrgreen:

  6. PetzLuvNeiz says:

    wah, Indonesia butuh lebih banyak orang2 kaya mbak nih.. pengusaha yang bermoral Pancasila:mrgreen: #apaseh

Leave a blah blah!

Travellers

  • 99,164 drops

Storage

SEO Services & ToolsSubmit Express

Self-Portrait of @RedCarra

Blogger. Designer. Web-Marketer. Marketing and Visual Communicator. Social Media Junker.
Female. A wife. A mother of 2. Curvy. Short. Jeans or legging. T-Shirt or Batik. Backpack. Wild mind. Easy to get panic. Cynic. Rebellious. Logic. Realistic. Moody. Details. Impatient. Clumsy. Straight forward. Procrastinator. Black and Dark Maroon. Graphic Design. Webs and Blogs. Photography. Architecture. Interior. Crafts. Coffee. Guava Juice. Chocolate. Music. Internet. Book.

Me? Get hurt? Just do that to me one more time.

Tuiiiiittt!!!!

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,585 other followers

RSS Carra Design

  • Weekly Photo Challenge: Renewal
    This week WP Photo Challenge theme is Renewal … This word conjures a variety of images, from bright blossoms to meditating monks. When I think of “renewal,” I think of […]

RSS Carra Media

  • Jangan Asal Cropping
    Cropping refers to the removal of the outer parts of an image to improve framing, accentuate subject matter or change aspect ratio. Depending on the application, this may be performed on a physical photograph, artwork or film footage, or achieved digitally using image editing software. The term is common to the film, broadcasting, photographic, graphic desig […]
