Carra's World

If the Real World is not Enough Anymore…

Me and My Online Shop

Setelah kemaren sempet acak adut hancur lebur minah gara-gara update wordpress yang kemudian ga kompatibel dengan theme dan plug ins nya… akhirnya Kamaratih Batik Online Shop relaunching dengan wajah barunya…

Ta daaaaa…!!!!

Kamaratih Batik's New Look

Menurutku, lay out baru ini :

  1. Lebih elegan, karena dengan warna coklat nya ^^ … richest and classiest color ever! juga karena batik itu identik juga dengan warna coklat… walaupun jaman-jaman sekarang batik udah lebih kontemporer, lebih colorful… ga cuma coklat doang… tapi coba aja liat, batik klasik yang berharga mahal kebanyakan pasti warna dasarnya coklat… soooo i make this color as my main theme to show how precious our batik is🙂
  2. Lebih ornamental… sama seperti batik yang penuh dengan ornamen-ornamen… di web ini juga lebih swirly… jadi tampak lebih classy dan traditional…
  3. Lebih simpel in a way.. karena plug in e-commerce nya ku deactive-kan… lhah? katanya online shop, kok e commerce plug in nya non active… hmmm… yah… karena 1) kemaren setelah wordpress nya ku update ke versi 3.1.1 ternyata mawut hancur minah… dan sebage seorang webmaster amatiran yang super pemalas, aku super males buat ngutak atik… sudah banyak bukti bahwa ketika aku mengutak atik web, hasilnya bukannya malah membaik, tapi malah semakin ke laut… jadi yaa sudahlah terpaksa plug in ini non active saja… 2) sejak setahun lalu web ini ada, BELUM pernah ada orang belanja online… kalaupun ada yang customer dari website ini, mereka pun lebih suka meng-sms atau malah menelpon langsung… jadi daripada mubazir, dan bikin pusing mendingan ini plug in ga usah dipake skalian… klo mo pesan silakan langsung sms sajah!:mrgreen:
  4. Lebih sociable… dengan penambahan plug in-plug in social network di sana sini… walopun ternyata juga orang-orang ini tidak terlalu familiar untuk bersocial network tentang hal-hal lain selain update setatus… tapi paling ga menunjukkan bahwa kamaratih batik cukup sociable… so silakan add friends di facebook atau follow twitter kita ^^

1 tahun lebih jadi online-preneur *halah!sok2an* ternyata membuatku smakin ngerti apa n gimana ngejalanin bisnis online, yang semula kukira gampang, hanya tinggal panteng di depan kompi… ga perlu sewa tenaga SPG, ga perlu sewa tempat yang terlalu mahal… semakin ngerti kelakuan orang-orang… dan juga semakin ngerti kebutuhan orang-orang… sebenernya ini adalah sebuah impian yang sebelumnya cuma sebatas impian… dan kemudian dengan sedikit modal dengkul dan modal nekad… aku jalanin juga bisnis ini dengan segala resiko dan konsekuensinya…

sebelom memulai bisnis online ini, aku melakukan semacam riset… tentang gimana sih operasional sebuah online shop… gimana promosinya… kemana target pasarnya… trus gimana orang kalo melakukan order… gimana nanti sistem online shopku, apakah jualan ready stock atau pre-order… gimana pembayarannya… gimana pengirimannya.. pake jasa apa… trus gimana ntar kalo ada komplen… dst dst… wawwww ternyata susah juga yaa… ga seperti dugaanku sebelumnya…

tapi memang dibandingkan dengan bisnis fisik yang membutuhkan kios / toko / tempat usaha yang real… sebuah online shop relatif lebih praktis dan murah, karena hitung saja… untuk buka lapak awal, yang kubutuhkan adalah lapak virtual… so let’s see…

dari hasil riset, yang pertama kubutuhkan adalah akun facebook… karena terbukti facebook adalah pasar yang paling efektif… dan akun ini GRATIS:mrgreen: … berharap saja semoga tetap begitu😛 …. kedua yang kubutuhkan adalah sebuah web dot com yang profesional untuk menunjukkan eksistensi bisnisku ini… supaya kesannya rumah batik ini sudah lama berdiri dan profesional… ini diperlukan untuk menanamkan rasa percaya dan rasa aman buat customer / calon customer untuk place order… domain dot com berharga 85 ribu dan kemudian aku menyewa jasa hosting seharga *kalo ga salah* 110rb kapasitas 100MB … bandingkan dengan ketika aku harus menyewa tempat usaha / kios fisik… belum tentu 5 juta dapet yg bagus, yg strategis, yg komersil dll… setelah 2 lapak ini berhasil kudapatkan, kemudian menyusul lapak-lapak lain… antara lain 88db, tokobagus.com , sisuka.com, dan dunia virtual.com … yg terakhir belom sempet ku apa-apain sepertinya… dan skarang ada twitter dan rencananya aku juga akan buka lapak di multiply…

Kalo diliat-liat lagi, aku udah kirim ke hampir semua bagian di Indonesia, yang paling barat ke Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bengkulu, Bekasi, Jakarta (paling banyak), Bandung, Purwokerto, Jogja sendiri, Solo, Surabaya, Malang, Banyuwangi, truss.. ke Bali, NTB, NTT, trus ke beberapa daerah di Kalimantan, ke Manado, Palu… Maluku and Papua kayanya belom pernah… bahkan ada beberapa blogger yang sudah beberapa kali order juga:mrgreen: sperti Bunda ini dan si Ibu baru ini dan juga Tante ini… Letsee apakah aku bisa mendapatkan foto mereka yang lagi pake batik dari Rumah Batikku:mrgreen:

soooo… dari 1 tahun kemaren ada beberapa pengalaman berharga banget yang kudapetin… di antaranya :

  1. Komplen, karena ukuran baju yang ternyata ga sesuai dengan ukuran badan si customer… well ini memang yang harus diperhatikan bener-bener oleh kamu-kamu yang mo beli baju di olshop… biasanya olshop2 fashion akan menyantumkan ukuran baju… tapi aku pribadi lebih suka menyebutkan ukuran Lingkar Dada dan Panjang baju… karena sudah beberapa kali terbukti bahwa ukuran L, M dan S antara penjahit satu dengan yg lain itu GA STANDAR… jadi mendingan kukasih ukuran secara centimeter aja.. begini pun masih banyak yg meleset… sooo buat kamu yang mo beli baju online… please perhatiin ukurannya … kalo ragu2 mending ga usah beli dulu… dan ada baiknya kamu bisa ukur sendiri Lingkar dada kamu… karena ini bisa jadi lebih pasti bakalan cukup ato ga nya baju itu di kamu…
  2. Ga dipercaya… artinya, aku dikira penipu… seperti halnya orang2 yang spam sms, anda memenangkan mobil xenia yang sudah diundi semalam di SCTV bla bla bla… iya! aku dikira penipu… dengan curiganya dia bertanya via sms, “Tp nt bajunya dikirim beneran ga tuh klo uangx dah ditrf?” … ehhhh mbak mbak… muka saya emang kriminal kali… tapi saya bener niat jualan kok mbak… wkwkwkwk… kalo ga ridho, ga bakalan jadi rejeki… betul?
  3. Komplen, ritsletingnya rusak setelah dipake… eh? … hmmm… yang salah ritsleting nya ato makenya…? we never know kan..? tapi si mbak customer tetap insist untuk menge-klaim… ku tawarkan beberapa alternatif win-win solution, seperti diskon untuk order berikutnya… tapi si mbak dengan tegas menolak, bahkan mengindikasikan bahwa dia mungkin akan kapok order… hmmm baiklah, akhirnya kutawarkan untuk mengembalikan uangnya 50% … dan dia tanpa ba bi bu langsung mengiyakan… ohhh baiklah mbak… tapi Anda pun keluar dari daftar customer saya:mrgreen:
  4. Ditawar dengan keji… bisa sampe off 70% … waw… bahkan aku ambil untung aja ga sampe 20% , masa ditawar sampe 70% bu…? si ibu dengan lancarnya menjawab, kalo beliau sering ke jogja dan dia tahu harga batik jogja di pasar beringharjo… lalu aku tanya lagi, sekarang lokasi ibu dimana? … ternyata beliau di jakarta… ooooo kalo gitu bisa diitung juga tiket perjalanan ke jogjanya, ibu… wkwkwkwkwk… tapi yaaahhh tentu saja ga kujawab begitu… dengan sedikit ngeles sana ngeles sini… memang sudah ketentuan di rumah batikku, bahwa pembelian min Rp 300.000 akan mendapatkan free ongkir… pembelian min Rp 500.000 akan mendapatkan diskon 10%… jadi stick to that term and condition, can we?😉
  5. Dikomen harga mahal… hmmmmmmm mungkin perlu juga ngeliat olshop-olshop lain… mereka menawarkan harga kebanyakan di atas Rp 100 ribu, dan cobalah kembali ke Rumah Batik Kamaratih… harga kami MOSTLY di bawah Rp 100 ribu… kalopun ada yg di atas Rp 100 ribu pastilah memang spesial… mungkin bahan yang lebih halus, jahitan lebih halus atau model dengan tingkat kerumitan tinggi…
  6. Ditanyain kok harganya lebih mahal ketimbang di pasar fisik, bukannya olshop begini ga butuh kios? ga butuh SPG? … Betul! kami memang ga butuh kios… ga butuh SPG… tapi dicatat juga dong… kami harus mengatasi banyak hal di dunia maya… mulai membayar hosting + domain setiap tahun… membayar koneksi internet… membayar pulsa hp… dan yang tidak akan pernah terjadi di toko fisik, toko kami harus buka 24 jam ^^ … udah sering aku musti bangun dan balas sms di jam 1.00 pagi… jadi jam kerja 24 jam kan tetap harus ter cover di harga… tapi yahh… tentu saja tetap harus sewajarnya…
  7. Komplen pengiriman lama… aku udah ada beberapa option jasa ekspedisi… Pos Indonesia atao TIKI JNE … boleh deh pilih… si Pos Indonesia memang relatif lebih murah… tapi yaa gitu deh… kadang suka nyangkut-nyangkut… tapi selama aku pake Pos, terbukti paket tetap nyampe kok… walopun kadang telat-telat… kalo ada dana lebih sedikit, boleh pilih TIKI JNE … for me, ga ada bedanya… karena ongkir kan ditanggung pembeli ^^ …
  8. Apa lagi ya…?

So… ada beberapa tips buat yang mo belanja secara online…

  1. Kalo nemuin olshop di facebook, coba cek ada web lainnya ga… kalo ada, boleh diliat-liat webnya… kalo ga ada, ya sudah, kamu harus cukup puas meng obok-obok facebooknya dia aja:mrgreen: … udah lazim di dunia maya, bahwa sebuah olshop yang ga cuma gratisan, itu biasanya juga lebih profesional… ini lebih kepada status aja sih sebenernya…
  2. Baca dengan teliti semua term and condition kalo berbelanja di olshop tersebut… setiap olshop pasti punya ketentuan yang berbeda-beda… dan kamu musti mengikutinya… seperti juga kalo kamu berbelanja di toko fisik.. jangan mentang-mentang kamu pembeli, lalu bisa seenaknya… Customer is king indeed, tapi jangan lupa bahkan raja pun bisa dikudeta ^^ hehe…
  3. Baca dengan teliti spesifikasi produknya…kalo olshop fashion, ya seperti ukuran, bahan, detail dan harga… kalo olshop gadget, mungkin ya seperti ukuran, feature dll… pokoknya harus dibaca dengan teliti… ga usah membuang waktu untuk barang-barang yang ga jelas, ga detail spesifikasinya… karena kamu mempertaruhkan uang kamu di sini… jadi kalo ada yang ga jelas, segera tanya…
  4. Kalo perlu, telpon Contact Person nya… jangan cuma sms atau email atau inbox di facebook… siapa tahu itu nomor kontak cuma fake aja… coba tanya-tanya apapun… memastikan bahwa yang di seberang sana adalah seorang manusia yang bener-bener niat jualan…

Belanja online sebenernya menyenangkan… kamu ga usah jauh-jauh pergi dari rumah… tinggal nongkrong di depan kompi… kalo olshop nya bener-bener profesional, ketika kamu lagi browsing pun serasa kamu lagi ada di mall ^^ … tinggal transfer dan voila! barang datang…

So… Selamat Berbelanja!!!

Filed under: Carra's Life,

6 Responses

  1. PetzLuvNeiz says:

    sedikit masukan buat lapaknya mba..
    1. desain nya OK, aksen batik di background-imagenya dapet banget.. tapi pas di-scroll ke bawah udah ilang deh (engga nge”tile”)
    2. plug-in social apps nya perlu ditinjau lagi.. soalnya kalo diliat2, logo yang lebih banyak muncul di home-page malah bukan Kamaratih. Menimbang juga mayoritas customer mampir ke lapak cuman buat liat2 koleksi (gada fitur shopping cart-nya)

    saya doain lapaknya laku keras *tepok2inpakeduitkertas
    ditunggu gratisannya:mrgreen: #ngidambangedTK-013-6

    • carra says:

      1. huh… klo ngerubah template theme gw give up dahhh T__T jangan suruh gw ngulik template… itu dah dapet dari sononyah…

      2. fitur ecommerce nya emang di non aktif kan… karena berbagai pertimbangan… jadi memang plug in social network nya buat promosi2 doang… gantinya promosi “dari mulut ke mulut”

      TK-013-6 dan setipenya emang lagi hot-hotnya:mrgreen: jadi mungkin tidak digratiskan dalam waktu dekat😛 *jadiingetadapesananwayangsintabagongdanantasena* (_ _)”

  2. ada bajuku di sebelah komenku ini😀

    saya rikuwes layanan plus plus, pijet, creambath, numpang mandi, antar jemput😀 ‘dibalang sendal’

  3. giewahyudi says:

    yang penting, jangan menyerah ya..🙂

  4. web designer says:

    CSS wat kl d sroll background batiknya ga abiz”
    background-mage:url(<>) repeat y;

  5. […] online yang udah saya jalani sejak 2008 ini… Kalo emang pengen tau, bisa baca posting saya di sini … di situ ada tuh tips-tips buat berbelanja […]

Leave a blah blah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Travellers

  • 99,109 drops

Storage

SEO Services & ToolsSubmit Express

Self-Portrait of @RedCarra

Blogger. Designer. Web-Marketer. Marketing and Visual Communicator. Social Media Junker.
Female. A wife. A mother of 2. Curvy. Short. Jeans or legging. T-Shirt or Batik. Backpack. Wild mind. Easy to get panic. Cynic. Rebellious. Logic. Realistic. Moody. Details. Impatient. Clumsy. Straight forward. Procrastinator. Black and Dark Maroon. Graphic Design. Webs and Blogs. Photography. Architecture. Interior. Crafts. Coffee. Guava Juice. Chocolate. Music. Internet. Book.

Me? Get hurt? Just do that to me one more time.

Tuiiiiittt!!!!

  • keyword plannernya kok kebanyakan mabok sekarang 1 hour ago
  • Chatting itu bisa menimbulkan 2 efek yg sangat berbeda memang ya; bikin seger, atau malah makin bikin bludrek. 1 hour ago
  • Pengin membelah diri. 6 hours ago
  • Hey, semua! Saya mencari artikel seputar dunia perempuan, misalnya seperti kecantikan, kesehatan wanita, mompreneurship, parenting, ... 13 hours ago
  • Yang lagi promil, coba kenali lagi masa suburnya. fb.me/4YBpi5INn 15 hours ago

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,585 other followers

RSS Carra Design

  • Weekly Photo Challenge: Renewal
    This week WP Photo Challenge theme is Renewal … This word conjures a variety of images, from bright blossoms to meditating monks. When I think of “renewal,” I think of […]

RSS Carra Media

  • Jangan Asal Cropping
    Cropping refers to the removal of the outer parts of an image to improve framing, accentuate subject matter or change aspect ratio. Depending on the application, this may be performed on a physical photograph, artwork or film footage, or achieved digitally using image editing software. The term is common to the film, broadcasting, photographic, graphic desig […]
%d bloggers like this: