Carra's World

If the Real World is not Enough Anymore…

Nginterview Anak Baru Itu …

interview

astagaaaa…

aku baru ngeh kalo ternyata ng’interview para calon anak baru itu cuapeknyaaa…

astagaaaa…

secara udah 3 hari ini aku berkutat dengan mereka… memang sih cuma 6 orang dan sengaja dibagi dalam 2 hari interview… 1 hari aku khususkan untuk mereview CV2 mereka semua… meriksa portfolio2… yaelaaaahhh ternyataa… keknya mending aku disuruh bikin desain corporate identity dalam waktu 1 hari deh…

jujur, aku baru pertama kali ini bener2 harus melakukan sendiri yang namanya interview… dulu aku pernah melakukannya, tapi aku masi didampingi oleh HRD dan itu aku lakukan di kantor aku yang lama… cuma sekali dan calonnya sih udah jelas… yg ini… para orang2 muda yang punya potensi yang bagus… karakter masing2 yang berbeda… dan lucunya masing2 punya rasa keingintahuan yang tinggi dan semangat yang meledak-ledak…

yah rata2 sih punya sesuatu yang memang hendak mereka jual… tapi ada beberapa hal yang aku catat selama aku melakukan interview kemaren… yang mungkin bisa jadi referensi buat yang lagi siap2 melamar kerja๐Ÿ˜€ … inilah sudut pandang seorang interviewer (walopun belon berpengalaman sbg interviewer)

1. Kerasa banget bedanya fresh graduate yg belon bekerja dan yg sudah sempat mengecap dunia kerja…

kenapa begitu? fresh graduate yang belon bekerja… sejauh anak yang kemaren aku interview… weeealaaaahhhh ego nyaaaa… udah merasa paket lengkap! udah merasa “gw nih udah bisa kerja!” hehehehehe… beugh! aku sih cuma senyam senyum aja nih… udah il-fil langsung deh… apalagi liat initial salary nya… wedewww… apa dia ga nyadar ya… bahwa salary itu berbanding lurus dengan kemampuan (pastinya juga kemampuan yang di atas standard itu pasti lebih bisa dijual) dan berbanding lurus dengan tanggung jawab…? i mean, katakanlah kalo salary Rp 500 ituh berbanding lurus dengan tanggung jawab bernilai a, misalnya… lalu ketika dia meminta salary Rp 1000, pastinya dong tanggung jawab itu akan bernilai a ++ juga… dan tanggung jawab a ++ ituh… setara dengan seorang supervisor misalnya, dan itu bukanlah kapasitas dia… tapi kalo yg udah pernah mengecap dunia kerja, biasanya lebih bisa low-profile… kalo ditanya pengen belajar apa, jawabnya wuahhhh buanyak… mereka lebih bisa mengarah ke tujuan tertentu…

2. Jangan kebanyakan ngomong

Banyak ngomong ituh ternyata bikin il-fil juga loh… sampe capekkkk nglayaninnya… lha interview udah selese lha kok malah balik nginterview yang tadi nginterview…๐Ÿ˜† sebenernya sang peng-interview ituh juga suka lho ngasih kesempatan buat yang diinterview untuk bertanya… tapi ya kira2 dong… dikira kita ga ada kerjaan???? dikira kerjaan kita cuma nginterview???๐Ÿ˜› …

3. Jangan pasang tampang memelas

paling basi ni ada yg dengan memelas “mbak… tolong terima saya dong… please!” … oh geeze!!! where is your pride???? aku cuma ketawa aja… dan ga tau kenapa, malah aku jawab begini “Kenapa saya harus terima kamu?? saingan kamu ini udah advance CMS dan Programming web… Web design dg flash cuma jadi mainan buat dia… emg layoutnya krg memenuhi selera saya… tp ga masalah… saya masi bisa ngejar… lha tapi kamu, web design juga belom pernah pegang…”๐Ÿ˜† aku kejem yak??๐Ÿ™„ ah entahlah… aku ini seneng orang yang optimis… org2 begitu pasti langsung saja aku vonis, orang yang suka menjilat… ga mau usaha de es be de es be… pdhl ga musti gitu kan? huh orang yang aneh…

4. Ga ada anak yang lancar bahasa inggris

oh my my…๐Ÿ˜† aku paling heran dengan fenomena ini… kemana aja sih?? malah ada yg nanya “tapi mbak, kalo graphics design kan ga terlalu penting bisa bhs inggris…?” gdubrak!!! hahahaha… hello??? apakah dengan begitu ada excuse untuk tidak bisa bahasa inggris? hari gini? mau ga mau… mau kita ingkarin kayak apa juga… kita akan bersaing dengan dunia internasional… dan kita harus siap dengan itu… orang2 perancis memang bisa pride dengan bahasa mereka, dan mereka bisa ga bisa bahasa inggris karena memang memungkinkan, banyak bangsa yg berbahasa utama perancis juga… tapi… bahasa Indonesia? mau sampai kapan kita nunggu bahasa Indonesia kita tercinta ini menjadi bahasa internasional? so… buat yg sampe skrg masih blom mau membuka pikiran untuk belajar bahasa satu ini, so please please take an action about it…!! aku juga ga fasih2 amat… inti dari komunikasi adalah dua pihak yang berinteraksi ini saling mengerti… jangan takut grammar yang kacau… jgn takut vocabulary yang kurang… pokoknya mah hajar aja!!๐Ÿ˜†

5. Jujur jujur dan jujur

kalo ditanyain jawab langsung ke inti pertanyaan… dan jujur! ga bisa bilang ga bisa… ga mau bilang ga mau… ga tertarik bilang ga tertarik… udah gitu aja… ga usah muter2 sampe mana2… trus kalo ditanya alasannya, baru deh cerita… cerita juga seperlunya… yg tadi udah sempet diceritain ga usah diceritain lagi dengan kisah yang utuh…๐Ÿ˜† wahhh keknya balik lagi ke nomor 2 tadi… jangan kebanyakan omong!

6. hindari jawaban yang konyol

tadi sempet ada yang aku tanya, “Bisa bahasa inggris?” dijawabnya “mmm… calon istri saya bisa, mbak…” and i was like๐Ÿ˜ฏ huh?? what did you say?๐Ÿ˜† ketika melihat aku kaget, dia lalu nerangin “saya nanti bisa belajar sama dia…” … kakakaka ampun deeehhh…

oh well… namanya jug anak-anak:mrgreen: semangatnya masih meledak-ledak… masih penuh dengan keceriaan… jiwa-jiwa muda begini memang menyegarkan yah? ^^ … kok perasaan jadi mengatakan kalow aku udah tuwa…???๐Ÿ˜† wew!!! begini2 masi semangat inih! hahaha… kadang suka surprise juga… palagi kalo liat tahun kelahirannya… tahun 84, 85 … aiiihhh… masi anak2…๐Ÿ˜† setelah dietung eh iya ya… udah pada umur 24, 23 taon… umur yang bagus ^^ hihi…

๐Ÿ™„ ah! umur 30 juga umur yang bagus… umur yang tepat untuk memulai bisnis sendiri:mrgreen: …doakan saya ya….!!! *pake gaya takeshi castle* ^_^

OOT : aku tadi kontrol kehamilan ke dokterku… ga tau napa si dokter kok nanyanya aneh gitu yah… “Anda hamil kok kayaknya enak banget sih?” “Lhah… lha mustinya gimana sih dok…?” si dokter malah ngakak liat polosnya aku bertanya… lha emang enak, mo gimana dong???๐Ÿ˜›

Filed under: Designer's Life, , ,

30 Responses

  1. kucingpemalu says:

    komen saya diterima ngga, mbak?

    #weks! lagi di-edit udah ada yg komeng๐Ÿ˜†

  2. kucingpemalu says:

    waaaaa… diterimaaaaa…
    akhirnya lulus interpiuuuuuuu………

    #๐Ÿ˜†

  3. tukangkopi says:

    udah berapa bulan sih mbak yang di perut itu?๐Ÿ˜€
    eh, umur 30 umur yang tepat buat bisnis? saya kira umur berapapun bisa siap ngejalanin bisnis asal mental dan kemauannya ada.
    btw, saya juga masih muda lho๐Ÿ˜ณ

    *dijitak*

    # *sambil elus2 perut* hari ini 4.5 bulan:mrgreen: udah mulai gerak2 … yah maksudnya teh mmm umur 30 biasanya udah cukuplah bernyali buat bisnis… emosinya uda lebih stabil, lebih matang n biasanya pikiran juga udah mulai menuju kemapanan… biasanya loooooohh..

    masi muda??? iya iya… percaya๐Ÿ˜›

  4. natazya says:

    eheum eheum

    blom graduate bahkan

    huahauhuahuahuahua

    deuh kayanya enak tuh hamil

    *pengen hamil ah… abis lulus

    hauhauhauhuahuahuah

    #hehehe… kalo udah hamil, rada susah atuh melejitkan diri lewat karir๐Ÿ˜‰

  5. ichanx says:

    kalo gw yang di-interview kira2 pendapat si interviewernya gimana ya? ah, pasti mereka langsung pindsan dan kejang-kejang semua… hahaha

    #paling interviewer nya ngliatin dari atas – bawah… bawah-atas…๐Ÿ˜†

  6. kabarihari says:

    hihihi untunglah saya males pindah2 kerja, jadi ngga ngalami interview2 lagi..๐Ÿ˜€
    *jadi inget dulu interview gagal mulu๐Ÿ˜€

    #aku juga dah males mas… capek adaptasi sm lingkungan baru ituh…

  7. scarface says:

    segede ini saya ga pernah interview…soalnya ga mau kerja sih๐Ÿ˜€

    #๐Ÿ˜€

  8. Mi-chan says:

    Nyamfah ajah. Mles bca postingan ny!
    *nagih coklat*

    #blom kulakan lagih…๐Ÿ˜›

  9. faiqfardian says:

    huahahaha … ngerasain jadi HR,
    pernah ngerasain kek gituan juga n bener cape .. dan bosen. Soalnya ampir yang ditanyain sama mulu.

    84, 85 โ€ฆ aiiihhhโ€ฆ masi anak2

    wah berarti saya masih anak anak dunk … kekeke

    #hehe kan divariasi aja mas nanyanya… aku sih gitu… kadang trus kaget, lhoh udah ditanyain smua:mrgreen: kekeke… cuma sebuah istilah aja…

  10. yusdi says:

    hmmmm…kl ukuran2 S2/master degree perlu interview2 juga ga biasanya?
    saya koq abis kuliah ini lebih pengen kuliah lagi ya,,,blm kepikiran untuk kerja
    ada saran?

    #mmm menurutku sih tetep perlu… kalo buatku si interview itu masalah personal mas… soalnya kepribadian ituh ga bisa cuma diliat dari portfolio ato tes praktek… harus dg interview… klo mo lebih akurat ya kemudian trus di-psikotes… aku dulu jg pgn kuliah lagi tp berhubung udah ga mungkin minta ortu lagi๐Ÿ˜› lagian S2 mah mahal amir yak jadi ya kerja aja๐Ÿ˜€

  11. ika says:

    wah mantep neh,,review dari sisi interviewer.. really means a lot to me,bisa jadi panduan saya kalo nglamar di tempat laen,,hehehehe

    #๐Ÿ˜€ smoga bener bermanfaat

  12. yu2n yoenday says:

    hehe… baca cerita mb’ caRRa, jadi inget musim interview juga (baca: baru2 lulus kuliah, udah keterima kerja trus jadi kutu loncat), otomatis bny ngalamin interview kerja. dan yahh emang beda rasanya jadi fresh graduate dg yg experience. deg-degannya beda.
    btw, jadinya yg keterima yg mana mbak? (**doo penasaran)

    Komen OOT-nya: eh iya udah 4,5 bulan yaa๐Ÿ™‚ senangnyaaah.. udah ga terlalu riwueh kan mbak? alias lebih nyantai.. (**makanya dokter jg blg gitu๐Ÿ™‚ ) teteup semangat mbak caRRa! –> (**paling suka nulis carra dg caRRa, kata aku lebih keyen!)
    dan terakhir.. jangan kecapean yaa.. (**ciee perhatian kan diriku, hehe)๐Ÿ˜€

    # blom ada keputusan sbrnya… keknya sih ada 2 orang kandidat terkuat… yg aku ambil emang malah yang low profile dan salah satunya malah kaleeeemmm banget… yah semoga tepatlah…

    OOT : hehehe๐Ÿ˜€ iya sih udah enak… maksudnya makan banyak enak… makan apapun enak…๐Ÿ˜† ga takut gemuk euy!๐Ÿ˜› *peluk2 yuyun* makasih ya:mrgreen:

  13. ansella says:

    Kemaren juga baru ada miting tuh sama orang eits ar tentang kompetensi pegawai….hualah pos’e pas tenan yo….

    hummm humm…njajal latihan wawancara lagi boleh?
    **sambil bawa bekel makan sendiri siap-siap di wawancara di kursi goyang yang di pondok yang adem itu, komplit sama RUJAK BUAHnya**

    soal bahasa?
    bahasa Inggris : little litlle I can
    bahasa mandarin : wo pu ce tau la…
    bahasa Endonesah : bisa dong
    boso jowo : sitik sitik mbakyu jeng
    boso sunda : saeutik neng

    bagaimana??? saya diterima???

    **nunggu….kira kira diambilin es krim, golok apa cek gaji ya?**

    kalo soal muda, saya juga masih muda loh, apalagi jiwanya ^^ hehehe

    #jadi kmu ikutan nglamar aku ni Sel…?๐Ÿ˜€ klo kmu yg wawancara malah ta’ajak mojok bikin rujak sambil ngambil buah2 yang ada di sawah tetangga ituh…๐Ÿ˜†

  14. Mi_Chan says:

    Tmbahin sel…
    Bahasa Padang: tau saketek-sakenek lah
    Bahasa Bengkulu: bisa ajo dikit
    Bahasa Palembang: bisa bae lah

    *d tabok*

    #keknya aku musti privat bahasa daerah sma mimi ni…

  15. Eru says:

    #1
    Iya tuh anak2 baru..
    kesannya gimanaa gitu..
    ** blagu padahal baru 6 bulan kerja **

    #2, #3
    Yep orang optimis dan semangat daripada yang melas2… is better setuju! kantor kan bukan tempat politik… tapi ah orang2 punya
    alasan masing2 ya..

    #4
    Yes that is correct. Having good English is good๐Ÿ™‚ I was working with
    a designer from Moving Brand and communication is one most important thing in design and understanding client’s need.

    #5
    Jujur? ah mbak kan tau saya itu jujur.. terlalu jujur malah.. alias blak-blakan

    #6
    Konyol? ah mbak bisa aja :shy: :shy:

    so saya diterima ga?

    #:mrgreen: yah anda diterima… kapan bisa berangkat ke jogja?๐Ÿ˜€

  16. FaNZ says:

    G mw ah interpiu sama mbak carra
    Ganas!๐Ÿ˜†

    #weks! ganas…???๐Ÿ˜† blom tau aslinya pdhl…

  17. bubba says:

    ihik, aku belum pernah nginterpiu๐Ÿ˜ฆ

    #wekeke.. aku mah kalo ga terpaksa ga bakalan nginterpiu… capekkk!

  18. nairasmile says:

    :fenomena anak baru…
    maklumlah mba….seiring waktu…pasti nyadar betapa konyolnya waktu diinterview dulu…

    *pengalaman pribadi:mrgreen:

    #hahaha… iya nai… sama… prasaan jadi orang paling oon…

  19. Gelandangan says:

    wahh pas di interview dulu asli deh mbak keringat dingin keluar๐Ÿ˜€

    #hehehe…๐Ÿ˜€ biasa atuh…

  20. jiwakelana says:

    kalau pakai becking diterima gak, heheheheeee

    #mo back kanan apa back kiri๐Ÿ˜€ … aku kiper aja deh!

  21. panda says:

    makasih, nanti kalo aku kebetulan diwawancarai situ, aku udah tahu tipsnya. pasti menang. hehe

    #kekeke๐Ÿ˜† yaya kembali kasih…

  22. GiE says:

    Hehe…
    Aku save ahh, useful bgt nih buat saya yg kebetulan lg nyari kerjaan baru.. ^^

    Tapi, mbak kalo misalnya si pelamar punya skill lain di luar bidang keahliannya masuk itungan nggak tuh?๐Ÿ˜•

    #mmm biasanya seh tgt masing2 perusahaan… klo di sini klo relevan ya bisa jadi nilai plus.. aku dulu nglamar ke sini jadi desainer… tapi aku pernah nanganin marketing n bisnis perusahaan juga… kan malah mendukung…๐Ÿ™‚

  23. GiE says:

    Kalo saya mah cuma bisa 3 bahasa ajah, mbak…
    sunda, indonesia dan inggris. Kalo inggris mah ngerti sih ngerti, tapi passive euy..

    Hehe…๐Ÿ˜€

    *diterima ndak ya?*
    ๐Ÿ˜›

    #passive sbnrnya sih juga ga masalah tinggal kemauan utk mengembangkannya aja๐Ÿ™‚

  24. Kok jadinya pengen komen tentang kehamilannya ya… Hehe!๐Ÿ˜€

    #haha ya gpp komen OOT mah tetap diterima…

  25. Raffaell says:

    Namanya juga Press Gred, ehehehehe

    #hehehe yups!

  26. ubadbmarko says:

    Saya kapan diwawancara ?

    #wah… file lamaran Anda dimana yak..? *ngubek2 tumpukan file*

  27. fendhy says:

    Interview itu membosankan,mba…
    nanyanya seolah olah kita kriminal,bahkan yg sudah dijawab ditanya lagi. grrrs…. bikin kesal…

    #๐Ÿ˜† hahahaha … wew… pasti interviewer nya bukan saya…

  28. de2k ryan says:

    Ma, jgn terperangah dgn keterangan dokter ya….yg bener begitu apa2 dibuat enjoy demi calon adekku…biar bawaannya gembira terus khan tambah cantik mama!
    Ma, klo ayah bayu yg diinterview pasti langsung ditolak suruh pergi ya, lha wong dia bisanya bukan bhs inggris tp malah bhs jawa? tulisannya sj kayak tulisan jawa uyut kakung?…hi…hi…hi…

  29. pinkparis says:

    Hehehe, fenomena wawancara fresh graduate memang setali tiga uang ya? ada lagi yang paling bikin sebel : udah janji mo dateng interview dan kita udah pending meeting sama client, eeeeh ternyata dia gak dateng dan parahnya gak pake konfirmasi sama sekali. Pas besoknya di telpon, kenapa kemarin gak dateng wawancara : ‘Oh maap bu, saya ada acara keluarga mendadak’. Ampyuun deh …..

  30. katie4zee says:

    pingin deh jadi assisten desainer,
    nyolong ilmu…

Leave a blah blah!

Travellers

  • 99,132 drops

Storage

SEO Services & ToolsSubmit Express

Self-Portrait of @RedCarra

Blogger. Designer. Web-Marketer. Marketing and Visual Communicator. Social Media Junker.
Female. A wife. A mother of 2. Curvy. Short. Jeans or legging. T-Shirt or Batik. Backpack. Wild mind. Easy to get panic. Cynic. Rebellious. Logic. Realistic. Moody. Details. Impatient. Clumsy. Straight forward. Procrastinator. Black and Dark Maroon. Graphic Design. Webs and Blogs. Photography. Architecture. Interior. Crafts. Coffee. Guava Juice. Chocolate. Music. Internet. Book.

Me? Get hurt? Just do that to me one more time.

Tuiiiiittt!!!!

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,585 other followers

RSS Carra Design

  • Weekly Photo Challenge: Renewal
    This week WP Photo Challenge theme is Renewal โ€ฆ This word conjures a variety of images, from bright blossoms to meditating monks. When I think of โ€œrenewal,โ€ I think of [โ€ฆ]

RSS Carra Media

  • Jangan Asal Cropping
    Cropping refers to the removal of the outer parts of an image to improve framing, accentuate subject matter or change aspect ratio. Depending on the application, this may be performed on a physical photograph, artwork or film footage, or achieved digitally using image editing software. The term is common to the film, broadcasting, photographic, graphic desig […]
