Carra's World

If the Real World is not Enough Anymore…

Kemaren… 2 Tahun yang Lalu…

Gempa Jateng DIYKemaren… dua tahun yang lalu… ada anak yang kehilangan ibunya… ada bapak yang kehilangan anaknya… ada ibu yang kehilangan kakinya… dan ribuan orang kehilangan tempat berteduh…

Lagi ngeh kemaren sore… ternyata kemaren tanggal 27 Mei adalah peringatan 2 tahun gempa Jogja Jateng… wuahh ternyata udah 2 tahun yang lalu, aku mengalami yang namanya puncak kepanikan…mungkin cuma sekali itulah aku bener2 panik selama hidupku…

aku inget banget hari itu hari Sabtu… jam 05.45 aku baru bangun tidur… ngeloyor ke sumur, karena tugas aku sebagai tukang laundry… dan seperti biasa kulihat mami tersayang lagi masak buat sarapan pagi kami berdua (kami waktu itu memang cuma tinggal berdua di rumah) … tiba2 saja aku kehilangan keseimbangan dan hampir jatuh ke bibir sumur… ku dengar mami menjerit karena beliau juga terjatuh… kulihat atap rumahku bergoyang2 hebat… kudongakkan kepalaku dan menara air yang ada di dekatku juga bergoyang dengan dahsyatnya… padahal menara air itu punya tiang dari beton… aku ga mungkin melarikan diri ke pintu depan, karena terlalu jauh dan harus melewati ruang keluarga, yang mana berarti aku harus berlari melintasi dalam rumah… aku tau resiko akan runtuhnya rumahku…

jadi aku teriak ke mami, supaya lari ke belakang mengikutiku… sekuat tenaga aku membuka pintu belakang… mungkin karena saking paniknya… pintu belakang malah jadi ga bisa dibuka (waktu itu aku ga ngeh kalo ternyata pengait pintu bagian bawah ga aku buka… hal ini baru kusadari ketika keesokan harinya kulihat pengunci pintu itu bengkok karena pintu kubuka paksa) … kulihat mami berjalan terseok-seok mengikutiku dan tiba2 dia terjatuh dan begitu mencoba berdiri beliau jatuh lagi begitu terus… aku semakin kuat membuka paksa pintu…

Tiba2 byur… ada air mengguyurku cukup banyak… ternyata menara air begitu kencangnya bergoyang hingga airnya tumpah… aku ga memedulikannya… aku tetap fokus membuka pintu, dan ketika pintu akhirnya terbuka, aku segera berlari ke luar sambil berteriak pada mami untuk segera keluar… aku ga peduli menjadi satu2nya pelarian yang lari keluar dalam keadaan basah kuyup…

ketika aku melihat sekeliling, aku semakin takjub saja… rumah2 mulai runtuh… genting2 mulai berhamburan jatuh… balok2 beton mulai berjatuhan… Oh Tuhan… aku berlari mengitari rumah dan merasakan kepanikan semakin dalam dari para tetanggaku yang berlarian keluar…

aku memandangi rumahku tercinta… dia tetap kokoh berdiri… genting2nya cuma melorot sedikit… dan dinding yang mulai retak-retak tapi masih cukup kuat untuk tetap berdiri…

Tiba2 dari arah selatan, motor2 berlari dengan kencang ke arah utara… orang mulai berteriak-teriak, “Aiiirrrr!!! Aiiirrr!!!”
kami semua yang masih bergerombol di jalanan menjadi panik lagi… tsunami kah?? bayanganku sudah begitu mengerikannya… gambaran Aceh berkelebatan di benakku… segera aku berlari ke mobil dan mami segera aku minta untuk bersiap2… “Mami!!! Cepat!! Kita ngungsi!!”

Kami menuju keluar kota ke utara… Rumah saudara di kota Magelang menjadi tujuan kami… sepanjang perjalanan kutahan diriku supaya tidak bertambah panik, karena jalanan yang begitu chaos… dimana2 macet… tapi untunglah aku segera menemukan jalan keluar dari kota jogja, walaupun lewat jalan2 tikus… inilah keuntungan ketika dulu aku menghabiskan hampir 60% waktuku di jalanan… aku jadi hapal bagian2 terkecil dari kotaku ini…

Selama beberapa bulan kami ga berani tidur di kamar kami masing-masing… gempa kecil2 masih terus terjadi… kami pun memindahkan kamar kami ke garasi… kami tidur di garasi, kami nonton TV di garasi, kami makan di garasi… Satu2nya hiburan untukku adalah World Cup 2006 dan buku Da Vinci Code…

Memori kepanikan itu begitu membekas… sampe sekarang pun aku masih suka glagapan kalo ada suara yg bergemuruh… karena gempa itu selalu didahului dengan suara bergemuruh seperti suara pesawat… kadang aku berpikir… aku yang ‘cuma’ mengalami gempa 5.7 SR (kalo ga salah inget) bisa setrauma itu… bagaimana dengan orang2 Aceh yang mengalami gempa 9 SR sekaligus tsunami…? membayangkannya pun aku ga berani…

dan sekarang… 2 tahun berlalu… semakin banyak bencana yang terjadi… alam seperti sedang berbenah diri dan sedang dalam proses katastropi… dan seperti yang udah kita tahu, alam selalu menyeleksi siapa saja yang masih bisa tinggal bersamanya… seleksi alam dan survivor… tidak bisa tidak…

semoga kita semua selalu diberkati keselamatan…

Filed under: Carra's Life, ,

33 Responses

  1. edy says:

    beberapa hari setelah itu kami juga sempet trauma
    trauma denger suara gemuruh…

    #untung skarang gmuruhnya dah ga ada lagi…

  2. kabarihari says:

    wih ternyata mengerikan banget ya mbak?
    saya tau siangnya setelah nonton tv, beruntung rumah bapak saya di Klaten ngga sampai rusak.

    #masi banyak yang bisa disyukuri dari gempa itu mas Hari…🙂

  3. ansella says:

    Masih dikasih kesempatan untuk keep on moving Jeng
    *hugz* salam buat maminya ya ^^

    #*hugz back*🙂 thx…

  4. avy says:

    *mantuk-mantuk*
    ada hikmah di balik bencana alam.

    #betul🙂

  5. nh18 says:

    Ah …
    ini cerita mencekam sangat …

    Mari kita berdoa saja … semoga kita semua diberi perlindungan oleh NYA ..

    Bukan begitu Bu ??

    # betul banget Oom🙂 amin….

  6. iBLO says:

    isyarat dr yg maha kuasa biar kita gak terlalu egois n saling peduli ama orang lain. nambah bencana acara hiburan di tivi makin banyak, apakah ini suatu kelinieran ?

    #ah… acara tv apa yg skrg menghibur mas? acara berita penuh dg berita buruk…? sinetron penuh dg intrik…? talent show…?😐 kok aku jadi pesimis gini yah:mrgreen:

  7. nairasmile says:

    memanjatkan doa pada Tuhan….*hening*

    #………………… AMIN…

  8. natazya says:

    AMIEN… smoga ya bu…

    #🙂 ya semoga saja

  9. Eru says:

    Hmm..
    ya kalo uda waktunya mo gimana😦
    kalo belum …. move on…

    hidup itu yaa . . . .
    manusia itu hebat yaa…

    #manusia itu survivor terhebat…

  10. Mi-chan says:

    Hmmm…
    Well, aq ngerti …aq ngertiii
    D bkl, kalo gmpa udah kek minum obat…

    *pulang ah*

    #da dah miiiiiiii… ati2 yah… kalo ada suara gemuruh itu truk yg lewat loh… jangan asal nyungsep yah…

  11. tintin says:

    SIgh .. gimana yah keadaan meeka sekarang .. ??

    mbak tukeran links yuk ..??🙂

    #keadaan para korban maksudnya teh? oh mereka smua udah mulai bangkit lagi n bergairah lagi kok🙂

    udah aku add🙂

  12. scarafce says:

    semoga kejadian tersebut tidak terulang dimana pun

    #berdoa saja…🙂

  13. isnuansa says:

    rumah nenekku yang di Klaten juga rubuh total…

    #semoga sekarang udah pulih🙂

  14. moga g’ ada cobaan lagi aminnn

    #pasti ada dong🙂 tapi kita kan harus kuat…

  15. GiE says:

    bulan ini, di seberang sana gempa mengguncang cina yang menewaskan puluhan ribu nyawa tak berdosa…

    *merinding*

    Semoga saja di indonesia skg ngga ada bencana2 besar seperti itu…..

    -_-

    #amin🙂

  16. Mi_Chan says:

    Ati2 juga yaaa! Klo gempa, jgn lari k tmpet yg ada tower air ny yawh???
    Ntar keguyur lagii….

    #*kitik2 michan pake tusuk gigi*😀

  17. What more can I give…

    #some prayers would be fine🙂

  18. ichanx says:

    OMG… untung ga ada hal2 yang “sangat” mengerikan ya… sekarang gimana? semuanya udah normal kan….

    #sekarang smua udah normal dan baik2 saja🙂

  19. pink says:

    ikh… ngeri deh. smoga aja tuhan selalu beri kita keselamatan.

    #amin….🙂

  20. nairasmile says:

    mba’….
    skrg kabar jogja gmn?!!…
    udah 5 taun ga kesana…
    kangennnn….

    #ke jogja nai… ntar jalan2 kita… wisata kuliner:mrgreen:

  21. cinker says:

    saya juga masih ingat…..kejadian waktu walau saya ngak lgs mengalami.
    sewaktu melihat brita2 di tv, saya cukup terkejud dan sedikit tabjub melihat akibat ayunan bumi……!

    weeeleeeh…..weeeleeeh……!🙂

    # sisa2 itu akibat ayunan bumi itu sekarang juga masih bisa dilihat di beberapa tempat🙂

  22. Mi-chan says:

    Kitik2 ato nusuk2 sih, mbak? Hehehe…

    @ nai
    Nah…mri kita adakan wisata keliling jawa antar sesama blogger!
    *d timpuk*

    #😆 nai sama ami… jgn lupa mampir ke jogja😛

  23. Mi_Chan says:

    Knapa yaa…kalo aq k sini, liat themes ny. Tiba2 inget sma….
    lumut.

    *harakiri duluan sblum d guyur sma carra*

    #😆 … tapi kan seger mi😛 … mbok skali2 inget ma cincau…:mrgreen:

  24. Mi_Chan says:

    Cincau? Wkwkwkwk….

    #🙄 jadi ke makanan lagi yah… *sigh* *pergi beli cincau*

  25. gajahkurus says:

    Tak terasa, sudah 2 tahun ya. Semoga tiada lagi bencana, tiada lagi musibah. Amin

    #Amiiiinnn🙂

  26. dan bersukur pada Tuhan
    karena baik2 saja

    #iya kang🙂

  27. nairasmile says:

    @carra
    wahh mbaa….oke bangetttt!!!
    *nunggu cuti tahunan….yg belon turun2 wkwkwk*

    ditraktir ya mba sampe ke jogja
    *dipulangin ke kandang :*

    #bolehhhh… *nunggu oleh2 juga*:mrgreen:

  28. chatoer says:

    wah untung mbak carra gpp yah… syukur deh waktu itu

    #iya ‘A…beruntung bgt lah masi dikasi kesempatan lagi…

  29. de2k ryan says:

    aku belum lahir ya ma?
    tp dengar cerita…..ktnya pas jam 05.45 itu ayah bayu br di kamar mandi
    terus keluar hanya pakai handuk dan badannya penuh sabun….untung msh pakai handuk dan ngga melorot…..

    dan ka2k aya serta mas ray malah bertanya ada apa? (telmi)
    terus mama nyetir ngga berani lihat belakang, pokoknya secepatnya smp dit4 ayah bayu ya ma? hiii…ngeri….

    #kalo sempet melorot jadi film kartun ituh😆

  30. yusdi says:

    ih ngeri ah kl inget2 kejadian itu….jadi ga bisa tidur lagi….

    dulu sempet trauma seminggu ga berani tidur dikamar……

    #sama dunks:mrgreen:

  31. nung says:

    klo ingt….uih,,aku lari2 ga jelas, takut jg bingung

    #itulah kepanikan… bikin orang jd ga jelas…😀

  32. neny says:

    jd keinget lg…abis 7 blnan..lari2 hamil gede..
    hasilnya skrng anaknya ke ikutan ga bs diem..dampak gempa kah?

    #kalo anaknya ga bisa diem ituh keturunan… biasanya sih keturunan ibunya nen😆

  33. Mi-chan says:

    *comot cincau*

    Udh lama g k post inih.

    Wah, gawat klo bayi biasany nurut sma Ibu ny. *lirik mbak carra*

    Omaigat, bner2 gawat kuadrat.

    # weh ibunya cantik dan baek hati ginih😛

Leave a blah blah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Travellers

  • 99,194 drops

Storage

SEO Services & ToolsSubmit Express

Self-Portrait of @RedCarra

Blogger. Designer. Web-Marketer. Marketing and Visual Communicator. Social Media Junker.
Female. A wife. A mother of 2. Curvy. Short. Jeans or legging. T-Shirt or Batik. Backpack. Wild mind. Easy to get panic. Cynic. Rebellious. Logic. Realistic. Moody. Details. Impatient. Clumsy. Straight forward. Procrastinator. Black and Dark Maroon. Graphic Design. Webs and Blogs. Photography. Architecture. Interior. Crafts. Coffee. Guava Juice. Chocolate. Music. Internet. Book.

Me? Get hurt? Just do that to me one more time.

Tuiiiiittt!!!!

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,585 other followers

RSS Carra Design

  • Weekly Photo Challenge: Renewal
    This week WP Photo Challenge theme is Renewal … This word conjures a variety of images, from bright blossoms to meditating monks. When I think of “renewal,” I think of […]

RSS Carra Media

  • Jangan Asal Cropping
    Cropping refers to the removal of the outer parts of an image to improve framing, accentuate subject matter or change aspect ratio. Depending on the application, this may be performed on a physical photograph, artwork or film footage, or achieved digitally using image editing software. The term is common to the film, broadcasting, photographic, graphic desig […]
%d bloggers like this: