Carra's World

If the Real World is not Enough Anymore…

Valentine’s Day… So What?

Valentine… Apa itu Valentine’s Day? Kebanyakan orang akan menjawab hari kasih sayang, tanpa tau apa sejarahnya… lalu sebagian akan mengklaim kalo hari Valentine adalah hari yang tanpa makna… menurutku, kalo ada orang yang bilang bahwa menyatakan kasih sayang tidak hanya pada Valentine’s Day, bukanlah esensi dari Valentine’s Day itu… sebaiknya orang harus tau dulu sejarahnya, baru komentar… karena masalah komentar itu akan kembali ke pribadi orang masing-masing dan menjadi hak orang masing-masing…

Sejak jaman dulu kala, Februari telah dipercaya menjadi bulan kesuburan. Kenapa Februari? Menurut kalender Yunani Kuno, pertengahan Januari hingga pertengahan Februari telah dipersembahkan untuk pernikahan agung antara Dewa Zeus dan Hera, raja dan ratu para dewa Yunani Kuno.

Pada jaman Romawi Kuno, tanggal 15 Februari diperingati sebagai peringatan Lupercus, dewa kesuburan. Pada hari ini para pendeta Lupercus akan mempersembahkan seekor kambing, dan setelah mereka meminum anggur, mereka akan berlarian di jalan-jalan kota Roma sambil membawa-bawa kulit kambing dan menyentuh siapapun yang mereka lewati. biasanya para gadis muda akan dengan suka rela maju karena mereka percaya dengan begini mereka akan memperoleh kesuburan dan akan dapat melahirkan dengan mudah.

Dalam Gereja Katholik, setidaknya dikenal 3 orang martir yang bernama Valentinus. Namun apa hubungan hari raya romantisme dengan ketiga orang martir ini kurang jelas, tetapi tanggal 14 Februari memang ditetapkan Gereja sebagai hari peringatan kepada Santo Valentinus. Namun hari raya ini dihapus dari kalender Gerejani pada tahun 1969, sebagai usaha untuk menghapus peringatan Santo dan Santa yang keberadaannya hanya berdasarkan legenda saja.

Cerita pertama yang menghubungkan antara hari raya Santo Valentinus dengan cerita-cerita romantis adalah pada abad ke14 di Inggris dan Perancis, di mana dipercayai bahwa pada tanggal 14 Februari, burung-burung akan terbang untuk mencari pasangannya masing-masing. Kepercayaan ini ditulis pada karya sang sastrawan Inggris Pertengahan ternama Geoffrey Chaucer pada abad ke-14. Ia menulis di cerita Parlement of Foules (“Percakapan Burung-Burung”) bahwa

For this was sent on Seynt Valentyne’s day (“Bahwa inilah dikirim pada hari Santo Valentinus”)
Whan every foul cometh ther to choose his mate (“Saat semua burung datang ke sana untuk memilih pasangannya”)

Pada jaman itu para pasangan kekasih telah mempunyai kebiasaan untuk saling bertukar kartu yang mengungkapkan cinta mereka satu sama lain, dan memanggil “Valentine” satu sama lain. Kemungkinan besar legenda-legenda tentang Santo Valentinus berkembang pada jaman ini.

Ada cerita bahwa ketika Santo Valentinus akan mati sebagai martir (mati syuhada) dia menuliskan kata-kata cinta pada secarik kertas kecil dan diberikannya kepada sipir penjara dengan kata penutup “Dari Valentinusmu”.

Cerita yang lain lagi, ketika para serdadu Romawi Kuno dilarang untuk menikah oleh Kaisar Claudius II, Santo Valentinus lah yang membantu menikahkan mereka.

dan masih banyak cerita-cerita lain seputar tentang cinta kasih, dan bisa hampir dipastikan bahwa cerita-cerita cinta kasih itu tidak melulu mengenai seseorang kepada pasangannya. lebih ke cinta yang universal, yang rela berkorban, yang tetap berada di hati walopun disiksa dan lain sebagainya.

Jadi… apakah Valentine wajib dirayakan? apakah Valentine hanya milik pasangan-pasangan yang dimabuk cinta? apakah Valentine tidak lain tidak bukan adalah sifat konsumerisme? ataukah Valentine harus diwujudkan dengan sifat konsumerisme? apakah Valentine hari tanpa arti?

karena buat saya, Valentine esensinya hampir seperti hari kartini, yang merupakan hari lahir Ibu Kartini, namun diperingati sebagai “hari”nya wanita… harinya wanita untuk menunjukkan siapa mereka… begitulah… namun memang esensi dari tiap-tiap hari akan berbeda bagi tiap-tiap orang… seperti ketika aku memperingati tanggal 25 november sebagai hari ulang tahun, para guru memperingati tanggal 25 november sebagai hari PGRI, namun tanggal 25 november tidak menjadi hari istimewa bagi orang lain…

semuanya kembali ke diri orang masing-masing…

Filed under: Opini and Articles, ,

4 Responses

  1. Balisugar says:

    singgah sejenak disini ikut baca-baca salam manis

  2. b4u-civil-const says:

    Seumur-umur belum pernah aku merayakan valentine ya
    apa memang bukan tipe romantis…..

    Lebih senang merayakan ultah….lebih jelas maknanya dan lebih “Kenyang” krn lebih banyak makanan.

    jd tidak pernah ada di memori (kayak komputer)….aku apa itu valentine’s day.

  3. djunaedird says:

    Valentine’s Day? Selamatlah bagi yang selamatan.😛

  4. carra says:

    @ Balisugar
    thanks sudah setor muka di sini😉

    @ b4u-civil-const
    mas… id wordpress mu opo? jare wes enek.. nek nggawe jeneng mbok ojo sek angel2..😛 … mbok skali2 aku dikirimi bunga😀 happy valentine big brother!

    @ djunaedird
    *salaman*

Leave a blah blah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Travellers

  • 99,132 drops

Storage

SEO Services & ToolsSubmit Express

Self-Portrait of @RedCarra

Blogger. Designer. Web-Marketer. Marketing and Visual Communicator. Social Media Junker.
Female. A wife. A mother of 2. Curvy. Short. Jeans or legging. T-Shirt or Batik. Backpack. Wild mind. Easy to get panic. Cynic. Rebellious. Logic. Realistic. Moody. Details. Impatient. Clumsy. Straight forward. Procrastinator. Black and Dark Maroon. Graphic Design. Webs and Blogs. Photography. Architecture. Interior. Crafts. Coffee. Guava Juice. Chocolate. Music. Internet. Book.

Me? Get hurt? Just do that to me one more time.

Tuiiiiittt!!!!

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 3,585 other followers

RSS Carra Design

  • Weekly Photo Challenge: Renewal
    This week WP Photo Challenge theme is Renewal … This word conjures a variety of images, from bright blossoms to meditating monks. When I think of “renewal,” I think of […]

RSS Carra Media

  • Jangan Asal Cropping
    Cropping refers to the removal of the outer parts of an image to improve framing, accentuate subject matter or change aspect ratio. Depending on the application, this may be performed on a physical photograph, artwork or film footage, or achieved digitally using image editing software. The term is common to the film, broadcasting, photographic, graphic desig […]
%d bloggers like this: